Selasa, 02 Maret 2010

MANUSIA MEMILIKI TIGA DIMENSI GERAK

TIGA DIMENSI GERAK

Dalam kehidupan ini setiap hari kita melakukan kegiatan dengan gerakan. Gerakan yang harus dipelihara adalah aktivitas yang meliputi aspek tubuh. Ada tiga macam gerak dalam hidup yang harus diperhatikan:

1. Gerak Rasa
Gerak rasa bisa disebut juga dengan gerak hati. Artinya adalah aktivitas kalbu yang dapat memberi kesegaran dan pencerahan batin. Bentuknya bisa melalui Dzikrullah, membaca Al Qur an, Wirid pagi dan sore, Tafakkur dan berbagai aktivitas ibadah yang lain. Kemampuan seseorang dalam mengolah aktivitas hati secara baik akan mampu memberikan pencerahan batin, yang bisa melahirkan ketenangan, kesenangan, stabilitas perasaan dalam menghadapi persoalan hidup. Aktivitas hati ini juga akan memberikan motivasi kita dalam melakukan gerak menuju kearah yang lebih baik dan selalu berhati-hati dalam situasi apapun, dan dapat terus terus menambah kecerdasan spiritual kita.

2. Gerak Fikir.
Gerak fikir adalah aktivitas pemikiran dalam bentuk suplai ilmu pengetahuan. Gerak Fikir ini bisa kita lakukan melalui membaca, penelitian, berdiskusi, mematangkan ide/memperdalam sebuah ide, mencari solusi dari sebuah masalah, dan sebagainya. Tonggak utama dalam gerak fikir ini adalah Ilmu Pengetahuan karena pilar ini berkaitan dengan aktivitas yang dilakukan selanjutnya. Tanpa Ilmu Pengetahuan sebuah aktivitas akan menjadi sia-sia, atau akan berbahaya. Buah dari aktivitas Fikir kita bukan untuk diri kita tapi untuk orang lain. Menciptakan Inovasi-inovasi yang berguna kepada orang lain, ataupun kita punya ide yang bermanfaat kepada orang banyak..

3. Gerak Fisik
Gerak Fisik adalah Implementasi dari gerak Fikir kita, atau gerak fisik bisa diartikan gerak badan sehingga akan memberikan kebugaran dalam tubuh kita, sehingga dalam gerak fisik ini menjadikan seseorang merasa lebih nyaman, badan menjadi sehat, mengurangi potensi marah atau frustasi, mencerdaskan daya pikir, mempercantik tubuh dan kulit, menambah tenaga supaya tidak cepat lelah.
Dalam artian Gerak Fisik ini kita harus juga ukir berprestasi dalam segala bidang yang kita tekuni. Misalnya kalau kita atlit olah raga kita bisa mengharumkan nama keluaga, daerah, negara, dalam kita bekerjapun kita harus punya kredit poin / nilai kebaikan di instansi kita, dalam bidang Ilmu Pengetahuan dan tehnologi kita menciptakan mesin-mesin canggih yang berguna bagi orang banyak.

Tiga dimensi gerak manusia ini merupakan keseimbangan hidup yang mampu menuju kesempurnaan dalam menjalankan hidup. Tiga Gerak hidup ini bisa diartikan kita melalui Dzikir, Pikir dan Ukir atau dalam hidup ini kita juga pakai cipta, rasa dan karsa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar