Kamis, 04 Maret 2010

WAKTU

Persoalan waktu merupakan persoalan setiap orang dalam hidupnya. Akan dibawa kemana waktu kita.., menurut pepatah Arab "Waktu Laksana Pedang", Jika engkau lengah, maka ia akan menebas lehermu sendiri. Menurut pepatah orang Barat "Time Is Money" waktu adalah uang seakan hidup hanya untuk mencari uang , kebahagian hidup parameternya dari segi materialistis/jasmani, masalah Waktu memang penting, oleh karena itu, pandai-pandailah kita mengatur waktu dan jangan meremehkannya. Marilah kita kaji secara detail tentang Waktu.
Dalam Hadist Riwayat Bukhori sudah sudah disebutkan ada Lima Perkara Sebelum Datang Lima Perkara tentang memanfaatkan keberadaan Waktu :

  1. Hidupmu sebelum datang matimu Marilah kita manfaatkan waktu hidup kita sebelum datang waktu mati.Hidup merupakan tempat kita untuk berinvestasi untuk akherat kita, jangan sekali-kali waktu hidup kita hanya bergulir begitu saja, Waktu hidup kita kita isi dengan berbuat kebaikan dan jangan jangan pula menunda-nunda kebaikan senyamapang kita masih hidup, dan jangan biarkan waktu bergulir tanpa mengalir ke jalan Ibadah...
  2. Sehat Sebelum datang waktu Sakitmu Marilah kita manfaatkan waktu sehat kita sebelum datang waktu sakit. Tidak satupun manusia yang ingin hidup tidak bahagia. Tapi seringkali dalam meraih bahagia hanya fatamorgana belaka. Upaya itu memang telah membuahkan hasil berupa tumpukan materi. Namun tumpukan materi yang di sangkanya bisa membuat hidup bahagia itu ternyata tidak bisa di nikmati persoalannya sepele hanya karena sakit . Ketika sakit, apapun yang dirasakan tidak enak dan tidak nyaman. Untuk itu Kesehatan itu sangat mahal harganya, dikala kita sehat kita harus menjaga pola hidup berrsih, tertib dan pola makan yang seimbang, disertai dengan terus beribadah kepada Alloh SWT.
  3. Luang sebelum datang waktu Sempitmu Memiliki waktu luang merupakan nikmat yang perlu disyukuri. Karena betapa banyak yang tidak bisa memenuhi keinginannya hanya karena tidak punya waktu luang. Apapun bisa dimiliki tapi kalau tidak punya waktu luang, semua itu menjadi percuma. Sebaliknya juga percuma terlalu banyak waktu luang tapi tidak punya apa-apa untuk bisa dinikmati. Begitu pula dengan pekerja ataupun apa namanya, tentu tidak hanya mengisi waktunya dengan hanya sekedar menunggu gajian. Karena dengan diterimanya gaji ada konsekuensi kewajiban yang harus ditunaikan. Mengabaikan kewajiban dengan menghabiskan waktu sia-sia tentu akan ada yang dirugikan. Kalau demikian tentu ia telah berbuat aniaya dan apa yang di kerjakan bukan termasuk ibadah
  4. Kayamu sebelum datang Miskinmu Marilah kita manfaatkan waktu kaya kita dengan banyak membantu dan menolong kepada yang membutuhkan, bersedekah kepada fakir miskin, memberi zakat, Infaq, dsb, sebab "tangan diatas lebih baik daripada tangan dibawah".
  5. Muda sebelum datang waktu Tuamu Masa Muda harus kita isi dengan mencari Ilmu, sebab ilmu adalah cahaya, yang setiap saat memancar menerangi jiwa dan kehidupan. Tanpa Ilmu Pengetahuan maka hari depan yang kita gambar akan semakin tampak meremang sehingga akan menuju pada rel kehancuran. Aktivitas mencari Ilmu juga termasuk Ibadah
Maka berbahagialah karena Allah SWT telah memberi nikmat karunia kepada seluruh makhluk dibumi berupa waktu, karena dengan waktu kita bisa melakukan apa saja yang kita mau, dengan memanfaatkan waktu kita akan menuju kepada perubahan demi kemaslahatan bersama. Bukan hanya demi kesenangan pribadi tapi kebaikan diri, keluarga, masyarakat dan bangsa. Hidup bukan hanya perbuatan tapi perubahan, hidup juga perjuangan, dan perjuangan adalah pelaksanaan kata-kata “ Hari esok harus lebih baik dari hari kemarin “.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar