Rabu, 15 Juni 2011

PERKEMBANGAN DEMOKRASI DI INDONESIA


Negara Demokrasi adalah negara yang berlandaskan pada kedaulatan rakyat. Sistem negara demokrasi menganut tiga pilar yaitu, eksekutive, yudikative dan legislatif. Ueforia rakyat Indonesia sejak adanya Reformasi Tahun 1998 membuka pintu selebar-lebarnya demokrasi di Indonesia. Pemilu merupakan sarana transformasi untuk membentuk kedaulatan rakyat. bermunculannya Partai Politik di Indonesia yang “pembuatannya” begitu mudah yang notabene membebani negara, masih relevan dan efektifkah banyak partai. Padahal negara demokrasi terbesar Amerika Serikat mempunyai sedikit partai. Dengan sedikit Partai Politik suara rakyat terwakili juga. Demokrasi politik di Indonesia tak hanya memerhatikan terpilihnya wakil rakyat, tetapi yang tidak kalah penting adalah keterwakilan semua golongan masyarakat dan daerah di Indonesia.

Salah satu perwujudan Indonesia merupakan negara demokrasi ialah:Pemilihan umum (pemilu) di Indonesia pada awalnya ditujukan untuk memilih anggota lembaga perwakilan, yaitu DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota., pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (pilpres), pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (pilkada), pemilihan Bupati dan Wakil Bupati. Pilkada yang dilaksanakan kemarin banyak menyisakan banyak Persoalan, Biaya mencalonkan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati sangat tinggi, demokrasi di negara kita memerlukan ongkos yang tinggi, apalagi bangsa ini juga menyisakan persoalan kemiskinan dimana-mana, alangkah baiknya jika biaya yang tinggi yang dipergunakan untuk Pilakda di pergunakan dana taktis pengentasan kemiskinan di daerah, kesehatan untuk rakyat miskin, pengentasan pengangguran, memperbaiki infrastruktur jalan dsb.

Demokrasi di Indonesia dengan adanya Otonomi Daerah juga menyisakan berbagai persoalan, banyak terjadinya penguas-penguasa kecil di daerah, dan terjadinya ketimpangan antar daerah yang miskin dan daerah yang kaya, sehingga pembangunannya pun jadi tidak seimbang. Demokrasi harus berkembang dalam masyarakat yang hidup dengan dasar gotong royong, tergambar dalam sikap hidup harga-menghargai di antara semua orang dan golongan sekalipun beda agama, etnik, kondisi materiil, dan lainn
Dalam negara demokrasi unsur penopang terpenting adalah sumber daya masyarakat, masyarakat harus mempunyai Etika dan moral yang baik, mempunyai Integritas tinggi terhadap negaranya. Media penyampaian kebebasan pendapat harus sesuai dengan mekanisme yang ada, tidak memaksakan pendapatnya dengan tindakan anarkis dan hanya mementingkan golongannya sendiri. Para pemimpin dan wakil rakyat harus memberikan contoh yang baik kepada masyarakat dan konstituennya.

Formula sistem demokrasi harus sesuai dengan Konstitusi Pancasila. Untuk itu, UUD 1945 harus sepenuhnya, baik dalam Pembukaan maupun Batang Tubuh, menguraikan apa yang harus dilakukan bangsa Indonesia sesuai dengan falsafah dan dasar negara, untuk memfilter pengaruh-pengaruh/faham-faham dari negara lain.

Harapan dari adanya demokrasi yang mulai tumbuh adalah berdampak positif dalam perkembangan ekonomi dengan memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk kemaslahatan dan kesejahteraan umat dan juga bangsa. Disamping itu demokrasi diharapkan bisa menghasilkan pemimpin yang lebih memperhatikan kepentingan rakyat dalam berbagai aspek kehidupan berbangsa dan bernegara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar