Sabtu, 14 Mei 2011

KIAT MUDAH DAN BERKAH MENCARI REZEKI

Mari kita simak ungkapan berikut “Bekerjalah untuk duniamu seakan-akan hidup selama-lamanya, dan beramallah buat akhiratmu seolah-olah engkau mati besok”.

1. HALAL DAN BERSIH

Pastikan pekerjaan dan usaha yang kita geluti halal dan bersih, bebas dari hal-hal yang dilarang maupun syubhat. Hal penting, karena berkah Alloh tidak datang atas pekerjaan dan usaha yang haram dan terlarang.

2. LURUSKAN NIAT

Tanamkan niat dalam hati kita bahwa segala apa yang kita kerjakan dalam rangka beribadah kepada Alloh dan untuk meraih Ridho-Nya.

3. MEMBACA BISMILAH

Mulailah semua aktivitas dengan membaca Bismillah.

4. PERGILAH SEPAGI MUNGKIN

Jangan biarkan kita diserang kantuk lantas tertidur kembali bakda shubuh.

5. BERPEGANG TEGUH PADA KETENTUAN ALLOH DAN RASUL-NYA

Hindari perbuatan tercela dan dosa, seperti berbohong, mengurangi timbangan, menimbun barang, mencampur barang yang bagus dengan yang jelek untuk mendapatkan keuntungan berlipatganda dan sejenisnya.

6. SEBARKAN SALAM

Ucapkan salam saat bertemu dengan rekan sejawat, bawahan, atasan, rekanan, pelanggan, klien, pemasok atau siapa saja.

7. TERSENYUMLAH

Tersenyum kepada siapapun yang berhubungan dengan kita. Senyum yang tulus, menyejukkan hati, mendekatkan jiwa dan menjernihkan wajah.

8. BERSYUKURLAH

Bersyukurlah kepada Alloh atas hasil yang kita dapatkan, besar atau kecil.

9. BERTERIMA KASIH

Selain bersyukur kepada Alloh jangan lupa berterimakasih kepada semua orang yang ada disekaliling kita seperti pegawai, pemasok, penyalur, pelanggan, masyarakat sekitar dan lain-lain. Dan terutama sekali kepada kedua orang tua kita.

10. BERSABARLAH

Bersabarlah jika dalam pekerjaan dan usaha kita saat ini belum memberikan hasil seperti yang kita harapkan, sembari mencari kekeliruan dan kesalahan yang mungkin kita lakukan.

11. BERINFAQ DAN BERSEDEKAH

Jangan lupa berinfaq dan bersedekah berapapun hasil yang kita dapatkan.

12. BAYARKAN UTANG

Usahakan mengalokasikan rezeki yang kita dapatkan untuk membayar utang.

13. TUNAIKAN ZAKAT

Jika setelah utang di lunasi, infaq dan sedekah ditunaikan, kita masih diberikan kelebihan harta, jangan lupa membayar zakat.

14. MENABUNG

Jangan habiskan semua penghasilan kita setiap hari atau setiap bulan untuk keperluan hidup, membeli barang mewah atau berfoya-foya.

15. PUTAR DAN PRODUKTIFKAN HARTA

Produktifkan rezeki yangkita miliki untuk kemaslahatan orang banyak.

16. BERBUAT IHSAN

Ihsan artinya berbuat yang terbaik untuk mendapatkan hasil sebaik mungkin. Islam mewajibkan setiap muslim berbuat ihsan dalam hal apapun. Bahkan dalam perang dan pelaksanaan hukumanpun, islam mewajibkan umatnya untuk berbuat Ihsan.

17. JAUHI SUAP DAN SOGOK

Suap dan sogok (riswah) adalah perbuatan yang amat dibenci Islam. Suap dan sogok adalah cikal bakal berkembangnya penipuan dan penindasan.

18. BERAMAL SHOLEH

Jangan pernah berhenti melakukan amalsholeh, sebab hanya iman dan amal shaleh itu yang mengantarkan kita kepada kehidupan yang baik di dunia dan kebahagiaan di akherat.

Firman Alloh : “siapa yang beramal shaleh, baik lki-laki maupun perempuan dan ia seorang mukmin, amat pasti kami limpahkan kepadanya kehidupan yang baik (hayatan thoyyibah) dan Kami balas dengan ganjaran yang lebih baik dari apa yang telah diperbuatnya”. (QS. An Nahl /16:96)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar